Kompetisi Konten Video

Antar ASN/Instansi Pemerintah/Lembaga Negara dan Umum

#PersatuanIndonesia

Tentang

Sebagai negara dan bangsa yang besar, dengan banyaknya jumlah penduduk, pulau, suku bangsa, agama/kepercayaan, hingga bahasa daerah, persatuan menjadi hal yang sangat penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beragam perbedaaan tersebut dapat menjadi potensi, namun sekaligus merupakan tantangan hingga ancaman yang tidak ringan. Apalagi sebagai negara demokratis, di mana hak setiap warga negara untuk menyatakan pendapat dijamin oleh undang-undang, maka perbedaan pendapat setiap saat dapat mengemuka di ruang publik.

Namun sebenarnya demokrasi di Indonesia adalah demokrasi yang khas, di mana masyarakat Indonesia masih memiliki norma dan kearifan budaya yang luhur: gotong royong, tolong-menolong, tenggang rasa, serta banyak kerarifan lainnya dari tiap suku bangsa. Dan yang lebih utama, Indonesia memiliki Pancasila, dasar negara yang digali dari budaya dan kearifan masyarakat

Namun demikian, persatuan Indonesia tetap harus terus diupayakan oleh segenap unsur masyarakat Indonesia, kapanpun dan dimanapun. Apalagi bagi insan aparatur negara (ASN, TNI, POLRI). Aparatur negara perlu menjadi teladan di tengah masyarkat, yang menunjukkan sifat, ucapan, maupun perilaku yang mewujudkan semangat Persatuan Indonesia.

Hal-hal yang menunjukkan sifat dan sikap persatuan tersebut perlu terus dikemukakan sekaligus dipromosikan, agar dapat menjadi inspirasi sekaligus ajakan untuk berbuat yang sama. Hal inilah yang melatari program ini dijalankan, sebuah kompetisi video pendek tentang Persatuan Indonesia yang akan mencerminkan keseharian para aparatur negara dalam merawat persatuan.

Untuk mengakomodir usulan agar kompetisi ini juga dibuka untuk masyarakat non ASN, maka kompetisi ini ditambahkan kategori untuk umum, dan batas waktu pengumpulan diperpanjang hingga 30 November 2019.

Image

Warna-Warni Kampung Jodipan

Foto oleh Silas Baisch

Image

Antri Masuk Busway

Foto oleh Rangga Cahya Nugraha

Image

Pesona Tari Kecak

Foto oleh Sarah Arista

#PersatuanIndonesia

Syarat & Ketentuan

Syarat dan ketentuan yang harus disetujui dan dilakukan oleh peserta

Image

Image
  1. Peserta adalah individu maupun tim/kelompok yang terbagi dalam 2 kategori:
    1. Kategori Antar ASN/Instansi Pemerintah/Lembaga Negara, yaitu individu maupun tim/kelompok yang merupakan ASN, anggota TNI/POLRI, maupun aparatur negara lainnya (termasuk pegawai kontrak, honorer dan outsourcing)
    2. Kategori Umum, yaitu individu maupun tim/kelompok yang merupakan Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan memiliki KTP ataupun NIK (yang tercantum dalam Kartu Keluarga)
  2. Untuk peserta kelompok, salah satu anggota menjadi perwakilan untuk mendaftarkan karya
  3. Peserta/perwakilannya melengkapi data kepesertaan melalui laman kompetisi ini
  4. Video adalah karya orisinal peserta
  5. Pengambilan gambar dapat menggunakan jenis kamera apapun, termasuk kamera ponsel
  6. Durasi video 1-15 menit
  7. Dapat diberi judul sesuai dengan kreativitas masing-masing sepanjang masih relevan dengan tema Persatuan Indonesia
  8. Penggunaan musik harus dengan kategori free royalty atau telah dipastikan aman secara copyright
  9. Video diproduksi tahun 2019 dan belum pernah mendapat penghargaan dalam kompetisi apapun
  10. Video diunggah di akun Instagram peserta paling lambat 30 November 2019
  11. Selain diunggah melalui Instagram, peserta wajib mengunggah video di Youtube, dengan ketentuan resolusi minimal 720p.
  12. Setiap peserta maupun instansi dapat mengikutkan lebih dari 1 (satu) karya video
  13. Unggahan harus dilengkapi caption dengan panjang maksimal 600 karakter; wajib ditambahkan tagar #persatuanindonesia dan mention ke akun Instagram dan Facebook @kemenkominfo, @djikp, @gprtv.id, @indonesiabaik.id, dan @gnfi Peserta wajib mengikuti akun-akun yang disebutkan di atas
#PersatuanIndonesia

Penilaian

Bagaimana karya peserta dinilai

Kurasi

Tim Kurator akan menyeleksi seluruh karya, baik secara administrasi maupun kesesuaian dengan ketentuan

Juri

Penilaian karya dilakukan oleh dewan juri, yang berasal dari latar belakang Praktisi, Akademisi, dan Kemkominfo

Aspek Penting

Penilaian dititikberatkan pada penceritaan pesan yang ingin disampaikan (yang dapat mencerminkan semangat Persatuan Indonesia) dan kreativitas dalam visualisasi

Pengumuman

Pengumuman pemenang dan video terpilih melalui akun Instagram @kemenkominfo, @djikp, dan @gnfi

#PersatuanIndonesia

Hadiah

Apresiasi yang diberikan untuk para pemenang

Kategori Antar ASN/Instansi Pemerintah/Lembaga Negara

Juara 1: Rp9.000.000,-
Juara 2: Rp7.000.000,-
Juara 3: Rp5.000.000,-
Video pilihan (7 video): @ Rp1.500.000,-

Kategori Umum

Juara 1: Rp8.000.000,-
Juara 2: Rp6.000.000,-
Juara 3: Rp4.000.000,-
Video pilihan (6 video): @ Rp1.000.000,-


Seluruh peserta Juara dan Video Pilihan mendapatkan Piagam dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia
#PersatuanIndonesia

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Jawaban untuk pertanyaaan yang sering diajukan

T: Berapa durasi videonya?

Durasi video antara 1 - 15 menit

T: Apakah video harus berupa kegiatan instansi atau bisa lainnya?

Bisa, sepanjang relevan dengan tema persatuan indonesia. Peserta dapat membuat video berjenis drama, komedi, liputan kegiatan, dan lain sebagainya, yang dibuat dengan cara kreatif.

T: Siapa saja yang boleh jadi peserta?

Untuk kategori Antar ASN/Instansi Pemerintah/Lembaga Negara, maka peserta adalah individu maupun tim/kelompok yang merupakan aparatur sipil negara, anggota TNI/POLRI, maupun aparatur negara di lembaga negara, termasuk pegawai kontrak, honorer dan outsourcing. Sedangkan untuk kategori Umum, maka peserta adalah individu maupun tim/kelompok yang merupakan Warga Negara Indonesia, yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP ataupun NIK.

T: Apakah semua anggota tim harus ASN?

Untuk kategori antar ASN/Instansi Pemerintah/Lembaga Negara, maka dalam membuat konten video ini, boleh berkolaborasi dengan masyarakat umum, namun pastikan bahwa yang mendaftarkan karya videonya ke panitia adalah yang bekerja di instansi pemerintah/TNI/POLRI/lembaga negara lainnya.

T: Bagaimana kalau video kurang dari 1 menit?

Silakan diperpanjang dengan minimal 1 menit.

T: Bagaimana jika videonya lebih dari 15 menit?

Jika video yang dibuat durasinya lebih dari 15 menit, bisa dibuat 2 versi video: pendek (maksimal 15 menit) dan panjang (tak terbatas). Video yang diikutsertakan kompetisi adalah video yang versi pendek dengan maksimal panjang 15 menit. Untuk versi lebih panjang, dipersilakan untuk diunggah juga, namun tidak masuk dalam penilaian

T: Apa kriteria penjurian?

Penjurian dititikberatkan pada penceritaan pesan yang ingin disampaikan (yang dapat mencerminkan semangat #PersatuanIndonesia) dan kreativitas dalam visualisasi.

T: Apakah boleh memberikan efek grafis/video/suara pada video?

Kreatifitas dalam visual dan audio diperbolehkan untuk membuat video semakin menarik, yang terpenting adalah pastikan pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh audien.

#PersatuanIndonesia

Pendaftaran

Daftarkan karya kalian

#PersatuanIndonesia

Diselenggarakan oleh

GPRTV
GPRTV

GPRTV